Monday, September 1, 2008

Internet

Internet (Inter-Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan laman-laman akademik, kerajaan, komersial, organisasi atau individu. Internet menyediakan akses untuk langganan telekomunikasi dan sumber maklumat untuk jutaan pelayar di seluruh dunia.

Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), perbincangan (Usenet News, email, milis), sumber maklumat (World Wide Web, Gopher), remote login dan fail trafik (Telnet, FTP), dan lain-lain.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati trafik jaringan.Protokol ini mengatur format data, error handling, mesej trafik, dan standar komunikasi lainnya.

Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Satu protokol yang membolehkan dua atau lebih komputer berhubung dan berkomunikasi. Membolehkan komputer tak kira jenis seperti UNIX, window, MAC dan lain-lain bertukar data.

Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

No comments: